Cara melindungi Facebook dari Cracker

Saat ini kejahatan dengan menggunakkan akun facebook makin marak, baru-baru ini yang masih hangat yaitu adanya pembajakkan terhadap akun facebook milik aktris sekaligus sutradara yang tidak asing lagi yaitu Jajang C Noer, modus operandinya yaitu dengan cara menguasai akun facebook milik aktris tersebut dan menggunakannya untuk tujuan penipuan, banyak yang menjadi korban salah satunya adalah Butet Kertarajasa aktor yang juga budayawan asal Yogyakarta.

Lalu bagaimana cara menipu kepada orang-orang tersebut ya!....sangat mudah bagi seorang cracker jika bisa menguasai akun facebook atau akun massenger seseorang, dengan login atau masuk ke akun tersebut lalu melihat siapa saja yang online, nah dari situlah orang tersebut mulai menjalankan aksinya, dan bagi teman-teman mereka pasti tidak akan menyangka jika akun tersebut sudah dikuasai oleh orang lain!...betul tidak?...seperti teman-teman Jajang C Noer sendiri tidak menyangka jika itu orang lain, makanya ketika dalam chat-nya Jajang minta tolong pinjam uang yang sifatnya urgent maka teman-temannya pun langsung mentransfer sejumlah uang yang diminta Jajang dalam chat tersebut.

Wah...pinter juga ya penipunya!...kalau nggak pinter bukan cracker namanya, bahkan si pemilik akun tersebut sudah tidak bisa login atau masuk ke facebooknya sendiri dikarenakan akun tersebut sudah dirubah dari segi email maupun password-nya, bagaimana caranya ya agar akun facebook kita aman dari tangan-tangan jahil?,...berikut ini Tip & Trik buat anda atau facebookker mania untuk menghindari pembajakan akun facebook dari orang yang tidak bertanggung jawab,

1. Jika anda menerima email pemberitahuan yang mengatas namakan facebook untuk melakukan update FB sebaiknya abaikan saja, karena secara resmi facebook tidak pernah meminta membernya untuk meng-update status secara berkala melalui email.

2. Jika anda menggunakan komputer yang dipakai secara bergantian semisal di kantor maupun warnet, pastikan anda tidak meninggalkan jejak pada computer tersebut, sangat berbahaya jika anda meninggalkan jejak (informasi pribadi) pada computer yang baru saja anda gunakan, lalu bagaimana cara menghapus jejak di computer?....klik disini.

3. Buatlah password sesulit mungkin jangan membuat password dengan nama panggilan, tanggal lahir dsb, lebih baik buat password dengan kombinasi huruf, angka dan carakter, meskipun langkah ke 3 ini tidak menjamin keamanan dari para cracker, setidaknya hal ini mencegah dari orang-orang dekat kita yang bermaksud ingin iseng dengan akun kita.

4. Jangan share alamat email di facebook, orang lain tidak perlu tahu email kita, cara setting klik "Akun" lalu pilih "Pengaturan Privacy", pada kotak informasi kontak email anda rubah (ubah sesuaikan) dari "Semua Orang" menjadi "Hanya Saya", dengan begitu saat orang lain melihat profil kita alamat email tidak di tampilkan, karena para cracker membobol via akun email bukan akun facebook secara langsung.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda!

Comments :

5 komentar to “Cara melindungi Facebook dari Cracker”
tips hamil mengatakan...
on 

ngeri juga sampai dibajak. terima kasih atas infonya sehingga saya bisa lebih berhati-hati

septic tank fibreglass mengatakan...
on 

cara melindungi facebook dari carcker , info yang sangat bermanfaat banget .

pengen info bisnis, klik disini mengatakan...
on 

sebenarnya sih kagak baik kalau FB orang dibajak

Toko Sepatu Futsal mengatakan...
on 

ini yang sampe heboh di infotainment itu ya mas. ngeri juga ya kalau kejadian dikita.

Unknown mengatakan...
on 

makasii infonya ... :D

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com