Gondongan / Parotitis virus menular

Tahukah anda bahwa Godongan atau Parotitis merupakan penyakit yang menular? .... Kali ini saya akan membahas mengenai penyakit / virus menular yang dalam bahasa jawa disebut "Gondongan" atau dalam bahasa kedokteran disebut Parotitis yaitu "Inveksi atau penyumbatan saluran air liur", hati-hati penyakit / virus ini sungguh menular, dalam keluarga saya belum lama ini semuanya terjangkit virus tersebut kecuali istri saya, gejala / ciri-ciri dari pada penyakit tersebut adalah pembengkakan disertai nyeri pada pipi bagian belakang di bawah telinga dan disertai dengan demam tinggi, menggigil serta sakit kepala dan jika sedang makan otomatis rahang kita mengunyah makanan, maka akan terasa sakit yang luar biasa.

Pertama dalam keluarga saya yang terjangkit adalah anak sulung saya tertular dari anak tetangga, bengkaknya tidak tanggung-tanggung yaitu sebelah kanan dan kiri bagian bawah telinga dan berlangsung selama 2 minggu dan tidak dapat sekolah ketika itu, setelah sembuh selang sehari kemudian langsung menular pada saya sendiri, bengkak yang terjadi pada saya hanya sebelah kiri saja dan berlangsung 3 hari, tapi 3 hari yang terasa sangat menyiksa karena menahan sakit ketika sedang makan maupun sedang bicara, setelah 3 hari sembuh lalu menular pada anak bungsu saya yang baru berumur 15 bulan, namun berbeda dengan kakaknya dan bapaknya, jika kakaknya sakit selama 2 minggu, bapaknya 3 hari, maka sikecil hanya mengalami bengkak selama 24 jam saja, mungkin hal tersebut terkait kondisi fisik juga, perlu diketahi bahwa virus ini menyerang orang yang fisiknya sedang drop saja, jika fisik seseorang bagus, kondisinya benar-benar bugar maka insyaallah virus tersebut akan lewat.

Kata dokter gondongen disebabkan oleh virus "paramyxovirus", oleh karena itu tidak dapat diobati dengan antibiotik, perlu diingat bahwa antibiotik hanya manjur untuk penyakit yang disebabkan bakteri, pengobatan gondongan/parotitis ditujukan untuk mengatasi gejalanya, untuk mengatasi demam dan sakit kepala biasanya digunakan obat antinyeri antidemam (analgetik / antipiretik) misal parasetamol atau ibuprofen, sedang untuk mengatasi pembengkakan digunakan obat-obat antiinflamasi, sedangkan cara tradisional lain untuk mengurangi rasa sakit pada daerah pembengkakan adalah bisa dengan mengoleskan blau pakaian atau air asam garam, blau maupun air asam garam menimbulkan rasa dingin pada daerah pembengkakan sehingga akan mengurangi rasa sakit, cara pengobatan tradisional ini sudah dilakukan oleh nenek moyang kita sejak dulu hingga turun temurun.

Nah saya sarankan kepada anda pengunjung blog ini untuk tetap menjaga kesehatan agar kodisi tubuh kita senantiasa segar-bugar serhingga virus apapun tidah mudah menjangkiti tubuh kita, bagi keluarga anda jika saat ini sedang terjangkit virus diatas usahakan asupan gizi pada makanan tetap dijaga tujuannya agar kondisi tubuh penderita tidak semakin melemah, sebaiknya makanan disajikan yang lebih lunak dengan tujuan untuk mengurangi kerja rahang dalam mengunyah makanan tersebut, dan usahakan untuk minum air putih (matang) sebanyak-banyaknya.
Ok guest semoga informasi ini berguna bagi anda semua ...

Comments :

12 komentar to “Gondongan / Parotitis virus menular”
Biojanna mengatakan...
on 

Buktikan obat herbal ini mas, Biojanna, yang terbuat dari fermentasi air kelapa, yang merupakan obat herbal tanpa efek samping. saya telah membuktian dan banyak lagi orang yang telah membuktikannya, bisa dilihat langsung produknya di alaman webnya di htttp://www.biojanna.com. mudah-mudahan bermanfaat.

jus manggis atau xhamthone mengatakan...
on 

wah betul tuh gan dulu saya juga pernah mengalami penyakit itu eh malah nular ke adik saya tapi setelah minum jus manggis alhamdulillah penyakit itu sembuh. terima kasih banyak nih gan infonya.

obat herbal keputihan mengatakan...
on 

terima kasih banyak gan telah berbagi infonya.

obat herbal getah bening mengatakan...
on 

ok bro infonya sangat bermanfaat.sukses selalu.

obat herbal infeksi saluran kemih mengatakan...
on 

thaks gan share nya.

Pengobatan herbal alami mengatakan...
on 

gondongan pake xamthone plus gan obatnya,,, manjur bgt,,,

hehe,,, numprang promosi,,,

obat herbal alami asam urat mengatakan...
on 

sangat bagus sekali informasi nya pa madhek

Fashion pakaian pria mengatakan...
on 

cukup menghawatirkan terhadap virus tersebut. apakah virus tersebut bisa menular juga melalui pakaian ?
dan kenapa jika di oleskan blau pada pakaian pasien bisa mengurangi rasa sakit,

klik selengkapnya mengatakan...
on 

saya baru tahu kalau penyakit gondok ini menular ya! terimakasih ya atas infonya!

hotbis, klik here mengatakan...
on 

hati-hati dengan penyakit gondok, ada yang beracun.

hotbis, klik here mengatakan...
on 

penyakit gondok ada yang beracun

Unknown mengatakan...
on 

wahh , ternyata menular ya , baru tau saya ... :3

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com