Cara membuat tabel pada blogspot

Bagi orang kantoran bekerja dengan tabel tentu tidaklah sulit, karena microsoft office telah menyediakannya secara lengkap, namun pada kesempatan kali ini saya ingin bahas soal bagaimana caranya membuat tabel untuk posting di blogspot, sebetulnya saya sendiri nggak tahu bagaimana cara buat tabel pada blog dengan menggunakan html/javascript, namun saya akan coba sharing dengan netter semua mengenai bagaimana membuat tabel pada blog dengan cara yang sangat simple sekali.

Nah ternyata untuk membuat tabel pada saat posting diblog sangatlah mudah, meskipun kita tidak menguasai html/javascript sekalipun, karena google sebagai penyedia blog telah menyiapkan aplikasi tersebut, yaitu google document, coba anda lihat jika anda masuk pada "Profil Akun Google", disana terdapat Gmail, Blogger, Adsense (jika Anda sudah mendaftar Adsense), Album Web Picasa, Webmaster Tool, Google Document dan sebagainya, nah jika diantara aplikasi tersebut google document belum muncul maka Anda perlu mengunjungi situs tersebut klik disini untuk menambah aplikasi pada profil Anda dan berikutnya anda dapat memulai membuat file dari google document.

Wah penjelasannya sangat detail yach?............nah sekarang Anda dapat memulai praktek :

  1. Jika Anda sudah masuk pada halaman google document klik Create New untuk memulai
  2. Pilih salah satu yaitu (Spreadsheet = mocrosoft Excel) untuk membuat file dengan tabel
  3. Setelah Spreadsheet dibuka langkah selanjutnya tinggal Anda kerjakan dengan memulai membuat border dan menuangkan konsep kedalam border tersebut.
  4. Setelah file selesai dikerjakan lalu klik save
  5. Untuk menampilkan file ke posting Anda klik Share kemudian pilih Publish as a web page
  6. Selanjutnya klik Start Publising => pilih html to embed in a page, setelah muncul kode html pada kotak dibawahnya lalu copy paste pada halahan edit html posting Anda.
Nah, ternyata sangat mudah untuk menampilkan tabel pada posting di blog dengan gaya layaknya bekerja di kantor dengan microsoft Excel, namun sayangnya kekurangan google document ala microsoft Excel ini tidak dapat memuat link/hyperlink.
Ok guest jika sekedar ingin melihat contoh tabel pada posting blog silahkan klik disini.

Comments :

1
Unknown mengatakan...
on 

makasii infonya ... :D

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com