Cara menyembunyikan file di komputer

Ada cara simple untuk menyembunyikan file rahasia di komputer, cara ini cocok sekali dipakai apabila anda sedang menggunakan komputer warnet, bagi mahasiswa atau mahasiswi yang suka bikin tugas di warnet namun tidak punya semisal flashdisc penyimpan, maka anda bisa numpang simpan file tersebut di lokal disc (D) pada komputer warnet tadi, anda tidak perlu kawatir jika file tersebut dibuka orang lain, karena hanya anda sendiri yang mengetahui letak dan nama file tersebut, tapi jangan lupa saat membuat folder pada lokal directory tadi harus di ingat, jika perlu dicatat.

Cara yang akan saya bahas ini adalah bagaimana menyembunyikan folder/file (hidden files) untuk file-file pribadi yang sifatnya rahasia, meskipun anda mengaktifkan opsi "Show Hidden files" sekalipun file yang anda sembunyikan tetap tidak akan terlihat, bahkan meskipun dilihat dari Prompt Command dengan perintah D:\>dir yang artinya melihat volume directory lokal disc (D) file yang disembunyikan tersebut tetap tidak kelihatan, tentunya cara ini sangat aman jika anda menggunakan komputer di warnet untuk menyimpan file pribadi, kalau untuk di komputer kepunyaan sendiri saya menyarankan agar menggunakan software “Instan Lock”.

Ok guest bisa langsung di praktekkan :

  1. Buatlah sebuah folder dan letakkan di lokal disc (D) contoh saya buat folder dengan judul My_Folder.
  2. Pindahkan semua file-file pribadi/rahasia anda dari folder sebelumnya jika ada, ke folder yang baru dibuat, lalu tutup windows explorer.
  3. Jika sudah selesai tekan windows+R lalu ketikkan cmd tekan enter, akan muncul seperti gambar berikut ini.
  4. Masuk ke lokal disc D dengan cara ketik D: lalu tekan enter.
  5. Sekarang ketikkan "attrib +s +h my_folder dan tekan enter seperti gambar dibawah ini.
  6. Silahkan buka Windows Explorer kembali apakah file yang anda buat tadi masih nampak? ...
Dan ting-ting ... saya yakin pasti sudah menghilang, kemudian bagaimana cara mengembalikan file yang di hidden tersebut nongol lagi? ... gampang, ikuti langkah 3, 4, dan 5, (namun untuk langkah nomor 5 ganti + menjadi -) alhasil folder anda akan ditampilkan lagi.

Selamat mencoba!

Comments :

6 komentar to “Cara menyembunyikan file di komputer”
Anonim mengatakan...
on 

kok gk bisa bozz,,,,,,,,,,''d'' is not recognized as an internal or external command operable program or batch file.tulisan nya bgtuuuuu,,,,,,,,,,,

Admin mengatakan...
on 

Pastikan yang disembunyikan berupa folder, bukan "lokal disk D", jika masih muncul kalimat seperti diatas coba rename foldernya, ... semoga membantu.

kankpoenk mengatakan...
on 

mantap gan. infonya jitu....
4 jmpol dr saya..:D

iyong-viking mengatakan...
on 

siiiippp...abissss

Istiqamah Berbagi mengatakan...
on 

kira2 ada gk gan kekurangan cara yg seperti ini.. apa cocok untuk diterapkan dilaptop, apkah bisa diketahui oleh orang lain dokumen2 rahasia kita trsebut saat dia meminjam laptop kita? mksih sebelumnya atas jawabannya

Unknown mengatakan...
on 

kalo langsung di hide gak bisa kah ?? :O

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com