Setting Thunderbird untuk email Yahoo

Tahukah anda bahwa saat ini anda bisa dengan mudah melakukan cek email, kirim pesan atau apapun dengan id Yahoo anda melalui Thunderbird email klien! .. jadi anda bisa menarik pesan masuk pada inbok dari email Yahoo ke Thunderbird email client pada komputer anda, namun sayangnya fasilitas ini hanya bisa dinikmati email Yahoo dengan domain @yahoo.co.id atau yahoo Indonesia, sedangkan untuk email yahoo dengan domain @yahoo.com ada biaya untuk berlangganan yang harus dibayar jika ingin menggunakan aplikasi email klien.

Seperti halnya Gmail, Yahoo mail juga bisa digunakan pada Thunderbird layanan email klien , pengaturan dasar untuk aplikasi ini hampir sama seperti pada pengaturan POP Gmail. Dengan menentukan POP untuk Incoming server dan SMTP untuk Outgoing server, serta Penerusan pilih Akses web & POP lalu dibawahnya ada dua opsi, pertama apakah pesan yang dianggap oleh spam guard tidak akan didownload secara otomatis dengan kata lain tidak ada spam yang akan masuk ke Thunderbird, yang kedua download semua pesan termasuk pesan yang dianggap spam oleh spam guard, sebaiknya anda pilih opsi yang kedua, karena terkadang ada email yang dianggap spam oleh spam guard dengan alasan tertentu, nah jika anda sudah siap untuk menarik yahoo email maka sekarang tinggal mengkonfigurasikan ke Thunderbird, sama halnya seperti pada pengaturan Gmail ke Thunderbird, hanya bedanya kalau Gmail sudah dibuat default untuk semua settingannya, sedang untuk Yahoo ada sedikit tambahan yang harus dilakukan.
Anda tertarik dengan tutorial diatas silahkan ikuti petunjuk berikut ini :

1. Download Thunderbird email klien disini
2. Instal Thunderbird pada computer anda hingga selesai, dan setelah terinstall buka aplikasi tersebut.
3. Langkah awal setelah Thunderbird dibuka yaitu menentukan New Account Setup seperti gambar berikut ini :

4. Tentukan nama tampilan untuk surat yang anda inginkan, lalu isikan alamat email lengkap (id yahoo anda) seperti gambar dibawah ini lalu klik next,

5. Untuk incoming pilih POP dan isi incoming server :(pop.mail.yahoo.co.id) dan isikan outgoing server :(smtp.mail.yahoo.co.id) lalu klik next,

6. Isikan Incoming User Name dengan id yahoo anda dan Outgoing User Name juga dengan id yahoo anda lalu klik next,

7. Langkah berikutnya isikan Account Name dengan id yahoo anda seperti gambar berikut lalu klik next,

8. Tahap akhir pembuatan account hampir selesai, sebelum anda meng-klik “Finish” sebaiknya hilangkan dulu ceklist pada (Download messages now) agar proses penarikan email dapat ditunda untuk mengatur lebih lanjut settingan email Thunderbird.

9. Pengaturan Account pada Thunderbird klik Tool, pilih Account setting, lalu muncul jendela baru, klik “Server Setting” dan pastikan Server name diisi : pop.mail.yahoo.co.id, lalu User name : id yahoo anda kemudian Port : 110 default, Secure setting : Never dan berikan ceklist pada item berikut ini :
Check for new messages at startup, Check for new messages every (10), Automatic download for new messages, Leave messages on server.
Sedang untuk mem-backup email yahoo anda silahkan buat folder baru pada lokal disc dengan nama terserah atau bisa nama id yahoo anda, lalu klik browse .. dan arahkan Lokal directory ke folder tersebut.

10. Setelah itu klik outgoing server SMTP yang ada dibagian kiri, isikan server name : smtp.mail.yahoo.co.id, Port : 465 default dan beri cheklist pada "Use name and password" lalu isikan 'User name dengan id yahoo anda, Secure connection : SSL lalu klik OK,

Nah sekarang restart computer anda lalu jalankan email Thunderbird, sebelum anda dapat menarik email untuk pertama kalinya seperti biasa aplikasi ini akan meminta anda untuk mengisi password, lalu isikan password anda sesuai dengan password ketika masuk ke yahoo webmail, jika anda tidak ingin ribet megisikan password maka anda dapat memberi ceklist dibawahnya agar password tersimpan dithunderbird, nah sekarang silahkan klik panel Get mail untuk menarik email dari server yahoo ke computer pribadi anda, … mudah bukan? .. dengan aplikasi tersebut anda dapat menghemat waktu jika akan mengecek email yahoo ….. selamat mencoba.

Comments :

4 komentar to “Setting Thunderbird untuk email Yahoo”
Anonim mengatakan...
on 

tks infonya gan

lihat selengkapnya mengatakan...
on 

terimakasih atas info setting thunderbirdnya gan..sangat bermanfaat untuk saya!

kunjungi info bisnisku mengatakan...
on 

makasih buat infonya

Unknown mengatakan...
on 

makasii infonya ... :D

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com