Error blue screen pada laptop

Masih dalam kondisi belum 100% sehat betul akibat kecelakaan yang aku alami beberapa waktu lalu namun semangat untuk ngeblog tetap membara, kali ini saya ingin sharing mengenai error blue screen pada laptop, ada salah satu teman adik saya yang minta tolong minta diinstall windows xp pada laptopnya merek Dell Inspiron N4030 yang rusak, lewat perantara adik saya juga dan tanpa pikir panjang saya mengiyakan, dari pada nganggur tidak ada kerjaan dirumah,
kondisi laptop tampak seperti baru, dan saya juga tidak banyak tanya kenapa minta diinstall ulang, saat laptop mulai saya nyalakan saya langsung mengarah ke Bios untuk mengecek settingan Bios, setelah dirasa setting Bios sudah sesuai maka langsung mengganti boot priority dengan cd / dvd guna menjalankan proses installasi.

Singkat cerita install windows sudah dimulai, Setup proses copy file berjalan hingga sampai pada tahap partisi hard disk, jika melihat sebelumnya ternyata hard disk sudah di partisi menjadi 3 maka saya bisa menyimpulkan bahwa laptop yang sedang saya tangani ini merupakan reinstall atau install ulang, hanya saja saya tidak pernah menanyakan kepada pemiliknya perihal penyebab rusaknya OS tersebut.
Berhubung partisi hard disk sebelumnya sudah ada maka tugas saya hanya menggunakan partisi yang sudah ada dan melanjutkan proses install dengan memformat secara mendalam (bukan quick format), nah, ketika langkah format dimulai dan mencapai 8% tiba-tiba berhenti sangat lama lalu muncul error blue screen, dari kode error yang ditunjukkan adalah mengenai kerusakan antara lain kabel sata / pata, file system atau bisa juga partisinya hard disk bahkan bisa hard disk tersebut yang rusak.

Setelah mengetahui installasi tidak mungkin bisa dilanjutkan maka terpaksa proses install saya batalkan, namun entah kenapa saya ingin mencoba lagi install ulang tapi bukan dengan windows xp, melainkan dengan windows 7. Tanpa pikir panjang segera pasang cd windows 7 ke dalam dvd, sambil menggumam dalam hati Bismillah semoga berhasil. Step demi step dilewati dengan sempurna hingga akhirnya proses installasi selesai. Pertanyaan besar yang terpikir saat itu!, … lho kok bisa kenapa tidak muncul error blue screen? …. Akhirnya proses installasi selesai yang saya lanjutkan dengan install software antivirus, sampai disini aman-aman saja tidak tampak gejala kerusakan pada hardware, langkah selanjutnya menjalankan windows loader untuk menginstall serial number agar windows 7 menjadi Genuine.

Install windows loader selesai system minta restart, kemudian kembali booting ke windows 7, namun booting terlalu lama untuk ukuran laptop dengan spec Core i3, 2.27Ghz, RAM 2Gb, HDD 320Gb ini, nah saat booting yang makan waktu inilah error pada system yang disebabkan karena rusaknya hardware mulai nampak. Ternyata error blue screen yang tadinya muncul saat di install windows xp namun tidak muncul pada proses install windows 7 membawa dampak tersendiri, yaitu windows 7 yang terinstall pun tidak sempurna yang mengakibatkan selalu muncul Startup Repair saat mau login ke windows 7, dan anehnya ketika akan dilakukan Startup repair dan System Restor tidak menemukan apa-apa yang artinya windows sudah terinstall dengan baik.

Akhir cerita pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik, solusinya harus mencari penyebab kerusakan pada hardware apakah kable sata atau hard disk yang rusak, berhubung saya tidak melayani service dengan kerusakan hardware maka selanjutnya laptop saya serahkan ke adik saya agar dicoba dengan memperbaiki hard disk pakai Hiren Boot Cd, kabar terakhir lewat chat fb dengan adik saya hard disk berhasil diformat menggunakan Hiren Boot Cd dan laptop sedang diinstall windows xp hingga format berhasil 100% dan tidak muncul error blue screen lagi. Mudah-mudahan pekerjaan bisa diselesaikan dan tidak harus mengganti hard disk, mungkin diantara Anda dan sobat blogger ada yang pernah mengalami hal tersebut, semoga dapat menemukan solusinya.
Cukup sampai disini, …. pekerjaan lain sudah banyak yang antri, dan terima kasih atas waktunya berkenan membaca coretan ini.

Comments :

25 komentar to “Error blue screen pada laptop”
Penghuni 60 mengatakan...
on 

siiiplah, aku save dulu ya, siapa tau di hari depan aku bs punya laptop,

A. Y. Indrayana mengatakan...
on 

Pernah, bung ...
Baru saja saya ingin menginstall Windows XP, tapi belum sampai tahap welcome udah blue screen.

Hmm. Hiren Boot CD yaa. Boleh deh saya coba. Thank's for the info ^ ^

Eka mengatakan...
on 

wah, belum pernah dan semoga jgn prnah kena error blue screen pada laptop.... klo kena bisa report, coz ga bisa apa2 ... :)
trima kasih sharenya sobat

Unknown mengatakan...
on 

wah saya sering nih dapat Blue Screen di laptop sobat...

Klick Arie mengatakan...
on 

pernah sob waktu masih pake lappy dulu,,setelah tak tanyain ama yang bisa kata nya bios nya yang rusak,,, :(
aq sendiri ngk begitu faham,, instal windows saja masih cenunak cenunuk hehehehee

Download Game mengatakan...
on 

suip tenan tutorialnya, ane dulu sempet sering biru gitu satu laya, ane mah kagak tahu cara betulinnya, makasi ya agan...

irohdotbiz mengatakan...
on 

great artikel, saya juga pernah kena blue screen seperti diatas, kalau saya diformay lagi dengan ubuntu.terima kasih sudah berbagi

mbogo.net mengatakan...
on 

NICE info sobat,, sangatlah bermanfaat,, salam persahabatan.

Muhammad Adam Hussein mengatakan...
on 

Blue Screen biasanya diakibatkan oleh beratnya beban yang ditimpa oleh Memory Ram, diluar kapasitas, dikarenakan Sistem dimodifikasi oleh Virus Sistem

Solusi:
Install ulang saja sistem Windowsnya.

ahmad uyun mengatakan...
on 

bagus juga artikelnya..
kira-kira sama ga kasus blue screen di laptoop dengan di FC?
kalou bisa saya minta postingan tutorial tantang format hard disk menggunakan Hiren Boot Cd..

obat tradisional alami mengatakan...
on 

wah, belum pernah dan semoga jgn prnah kena error blue screen pada laptop.... klo kena bisa report, coz ga bisa apa2

obat tradisional mengatakan...
on 

siiiplah, aku save dulu ya, siapa tau di hari depan aku bs punya laptop,

obat jantung koroner tradisional mengatakan...
on 

info yang bagus ni gan,,,

masican mengatakan...
on 

Wah untuk kasus bluescreen sepertinya memang penangnya beda beda yah, dulu juga pernah ngalamin gitu, terus instal uang lagi, akhirnya gak muncul lagi deh. tapi untuk windows 8 saya belom pernah menjumpainya.

cara pemesanan xamthone plus mengatakan...
on 

mantap bener infonya, sangat bermanfaat sekalii..

cecep cabanas mengatakan...
on 

Thank's for the info ^_^ gan...

kemon baca mengatakan...
on 

di laptop saya kadang blue screen mas,
pas buka satu software yang digunakan untuk kerja.
tapi kadang sih, kadang lancar jaya.
aneh,,,

kok bisa kira2 ya mas?

Obat herbal stroke mengatakan...
on 

pengalaman yg baguss sob.... :D

irpan mengatakan...
on 

Wah untuk kasus bluescreen sepertinya memang penangnya beda beda yah, dulu juga pernah ngalamin gitu, terus instal uang lagi, akhirnya gak muncul lagi deh. tapi untuk windows 8 saya belom pernah menjumpainya.

Jelly Gamat Luxor mengatakan...
on 

makasih ya informasinya...
salam kenal gan..

Anonim mengatakan...
on 

itu masalah driver sata mas...klo OS xp masih pake IDE
klo di BIOS ada settingan IDE,SATA saya jamin gk akan blue screen...
klo BIOS tdk ada settingan IDE,SATA dengan terpaksa pake bantuan Om "nlite" + susupi XP dengan driver SATA
sekian....mohon di luruskan klo ada yg salah...:)

jasa design template booklet mengatakan...
on 

thank infonya, mantab :)

Unknown mengatakan...
on 

wehh, PC ane udah beberapa kali BS hahaha...
nice posting :)

Laptop Murah mengatakan...
on 

Thanks infonya.. Penyebab utamanya apa ya? Dan cara menangkalnya bagaimana??

Unknown mengatakan...
on 

makasii infonya ... :D

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com