Cara membersihkan virus Blue Fantasy

Hati-hati dengan virus “Blue Fantasy”, meskipun virus ini tidak terlalu berbahaya karena dia tidak melakukan perusakan pada system windows, tetapi cukup membuat kita jengkel jika virus tersebut sudah menyebar pada computer kita, efect dari serangan Blue Fantasy yaitu munculnya duplikasi folder dan menyembunyikan folder asli data anda, juga terhadap folder pendukung windows lainnya, anda pasti akan sangat terkecoh, karena apabila anda membuka folder duplikat yang dibuat oleh virus tersebut, maka sama saja anda membantu memperluas penyebaran dari virus itu sendiri, perlu diketahui virus blue fantasy membuat folder dengan nama yang sama dengan folder asli yang dia sembunyikan.

Bagaimana anda bisa mengetahui kalau folder tersebut hanya duplikat? coba lihat atribut dari folder tersebut, pilih View pada menu toolbar kemudian pilih detail, dari situ dapat anda lihat semua folder pada window berukuran sama, yaitu 40 Kb dengan ekstensi scr, virus ini sangat cepat menyebar melalui media storage, seperti disket atau USB (flashdisk), jadi berhati-hatilah bila anda memakai computer yang terinfeksi virus ini, begitu flashdisk anda terhubung, maka bisa dipastikan flashdisk anda tertular, karena sipembuat virus ini sangat piawai, file induk di letakkan dilokasi dimana kita jarang membukanya, contoh pada virus Blue Fantasy letak file induknya terdapat pada lokasi C:\Document and setting\Alluser\Startmenu\adobe online.com dan adobe update.com, ke-dua file ini tersembunyi jadi tidak bisa dilihat, meskipun anda merubah setting untuk menampilkan file atau folder yang tersembunyi tersebut pada menu “Tools” > “Folder Options” > “View” kemudian “Show hidden files”, karena virus ini juga sudah menonaktifkan opsi ini.

Lalu bagaimana cara membersihkannya?..... matikan opsi system restore windows dengan cara klik pada “Start Menu” > “Allprogram” > “Accessories” > “System Tools” > “System Restore”, Kemudian scan computer dengan menggunakan anti virus yang up to date semisal Avira atau AVG. Setelah itu anda bisa memulai untuk menghentikan service atau program virus yang tersembunyi terlebih dahulu, karena meskipun anda sudah berhasil menemukan file induk dari virus ini, anda tidak akan bisa menghapus file tersebut sebab windows akan menolak setiap file .exe yang sedang running untuk dihapus, meskipun anda menggunakan windows Task Manager sekalipun.

Tapi jangan kawatir anda bisa menggunakan software “Cproses” untuk di install terlebih dahulu, anda bisa mendapatkannya secara gratis untuk mengunduhnya. Setelah anda selesai meng-install “Cproses” lalu jalankan, pada daftar list Cprocess anda bisa melihat beberapa program atau service yang sedang aktiv, lalu hentikan program Adobe Online dan Adobe Update, setelah itu tutup program, selanjutnya adalah melakukan proses identifikasi file virus beserta folder hasil duplikatnya dengan cara menggunakan menu Searching pada “Start menu” melalui All files and folders, lalu ketikkan : *.com *.scr, pada ukuran file pilih at most 41 Kb, lalu “More Advance” setting chek box pada “Hidden files and folders”, dan klik “Search”. Hasil dari search results terdapat folder-folder berukuran 40 Kb dengan format ekstensi *.scr (adobe online.com, adobe update.com, thumbs.db dan thumbs.com) hapus semua file dan folder tersebut dari “Search Results”, dan jangan lupa sekaligus menghapus dari “Recycle Bin”.

Nah, setelah anda melakukan langkah-langkah diatas, kini saatnya meng-aktif-kan setting registry windows yang di acak oleh virus tersebut, untuk itu saya sudah menyiapkan script dengan nama Repair BlueFantasy yang harus dinstall pada computer anda. Cara menggunakannya yaitu klik kanan pada file “Repair_BlueFantasy” lalu pilih “Install”.
Ok Sob, untuk mendapatkan dan download Repair BlueFantasy klik disini

Semoa berhasil!

Comments :

2 komentar to “Cara membersihkan virus Blue Fantasy”
hotbis, klik disini mengatakan...
on 

makasih buat tips membersihkan virus blue fantasy.

Unknown mengatakan...
on 

bener banget , saya aja sampe pernah ternak virus nyampe 1500 ... :3

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com