Cara memformat hard disk terkena bad sector

Setelah dalam salah satu posting saya yang berjudul Kelebihan dan kekurangan Toshiba L-510 ada yang menanyakan tentang kerusakan Hard Disk terkena Bad Sector, maka kali ini saya mencoba menulis mengenai bagaimana caranya memperbaiki hard disc yang rusak karena Bad Sector. Bad Sector hard disk secara umum ada 2 macam, yaitu Logical (software) dan Physical (fisik), kerusakan bad sector fisik , biasanya kerusakan pada permukaan lempengan hard disk yang diakibatkan karena hentakan, semisal saat CPU atau Laptop menyala namun tiba-tiba jatuh dari meja, namun bisa juga karena factor usia, sedangkan bad sector Logical/Software bisa di akibatkan karena beberapa faktor, antara lain power suplay yang tidak stabil, arus listrik yang tiba-tiba mati pada saat komputer sedang bekerja dll. Untuk Bad Sector yang berupa kerusakan fisik biasanya sangat sulit untuk diperbaiki dan setahu saya harus ganti baru. Sedangkan untuk kerusakan bad sector yang berupa logical (software) masih ada harapan untuk bisa diperbaiki dengan cara diformat atau dipartisi.

Berikut cara memperbaiki Bad Sector!
Jika hard disk anda sudah terkena bad sector, langkah awal adalah menyelamatkan semua data-data yang dianggap penting, copy dan simpan di media apa saja asal cukup, bisa ke Flashdisc, CD atau ke Hard Disk lain, agar anda tidak kehilangan data-data tersebut, pastikan anda benar-benar sudah mem-backup data anda sebelum menjalankan langkah-langkah berikut ini.

Dalam hal menformat hard disk ini saya juga tidak menganjurkan menggunakan format manual dengan membuka windows explore (windows + R) lalu klik kanan pilih format, karena saya tidak pernah melakukan hal tersebut, saya terbiasa menformat hard disk dengan menggunakan software, adalah Power Quest Partition Magic 8 dan merupakan software berbayar yang pernah saya gunakan, ..

Oops, .. bagi anda yang tidak memiliki Software tersebut tidak usah kawatir karena anda bisa mendapatkan software secara free, salah satu software gratis tersebut yaitu Easeus All In One Partition Manager 6.1.1 Full Version update terbaru dan support terhadap Windows 2000 Professional, XP, Vista, Windows 7. sebetulnya banyak sekali software semacam Easeus Partition Manager yang free, dan kenapa saya merefrensikan Easeus? Karena menurut saya sangat simple dalam pemakaian, klik disini untuk mendowload atau kunjungi situs resmi EASEUS

Setelah anda mendapatkan Easeus Partition Manager dan menginstall, anda sudah siap untuk melakukan partisi terhadap Hard Disk yang bermasalah tadi :
1. Jalankan Program Easeus partition Manager


2. Untuk memastikan dan menghilangkan bad sector masing-masing drive harus di scan terlebih dahulu seperti tampak pada gambar diatas, pilih drive lalu klik kanan masuk Advanced kemudian klik Check Partition perhatikan gambar dibawah ini.



3. Setelah proses scanning selesai Klik kanan, dan pilih Delete



4. Ketika muncul informasi, maka pilih “Delete Partition and Delete Data”


5. Kalau sudah selesai, klik menu Apply



6. Tunggu hingga proses format dan partisi selesai .... biasanya untuk harddisk yang berkapasitas besar akan memakan waktu lama, bahkan bisa mencapai lebih dari 12 Jam nonstop.

Setelah proses format dan partisi selesai tinggal meng-install windows yang baru.

Nah, buat anda yang punya komputer sendiri lengkap dengan CD / DVD Room bisa mempartisi hard disk anda jika terkena problem diatas ... semoga bermanfaat.

Note : maaf, gambar-gambar peraga sudah terhapus secara tidak sengaja dari ruang penyimpanan Album Picasa Google.

Comments :

3 komentar to “Cara memformat hard disk terkena bad sector”
Arga Anggriawan mengatakan...
on 

wah pasnih buat hardisk suypaya awet thnks ya

dwi mengatakan...
on 

kalo buat partisi harddisk systemnya bisa Gan?.

Unknown mengatakan...
on 

kadang masih agak bingung pakenya , huhu

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com