Cara merubah label partisi harddisk

Tutorial yang akan saya tulis berikut ini adalah merupakan pertanyaan dari sobat blogger yang bertanya lewat email, yaitu tentang "Cara merubah label partisi harddisk". Sebetulnya label partisi harddisk itu tidak berpengaruh terhadap kinerja komputer, hanya saja jika label partisi harddisk tidak berurutan tentunya akan sedikit mengganjal dalam hati, ... whehehe bagi yang masih punya hati ...
Tentunya tidak semua sobat blogger memahami cara menginstall atau mengutak-atik program komputer, terutama bagi yang masih pemula, dan berikut ini caranya :

Tidak jarang saat kita menginstall komputer baru setelah selesai terdapat hasil partisi yang tidak berurutan misalnya ketika harddisk dibagi menjadi tiga partisi ternyata yang muncul yaitu Lokal Disk (C), Lokal Disk (E), Lokal Disk (F), kemudian CD/DVD Room menempati patisi (D).
Nah, tentu saja hal tersebut pasti sedikit mengganggu, ... dan untuk merubahnya sangat mudah sekali, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Buka Explorer atau tekan Window + E pada keyboard Anda, lalu arahkan mouse pada My Computer dan klik kanan lalu pilih Manage, dan akan muncul Computer Management.
2. Setelah jendela Computer Management muncul pilih dan klik "Disk Management", lalu arahkan mouse ke label partisi yang ingin dirubah kemudian klik kanan pilih "Change drive letter and paths...", perhatikan gambar dibawah ini :

3. Langkah berikutnya klik Change seperti gambar dibawah ini :

4. Kemudian klik tanda panah pada kotak yang berisikan huruf, dan ganti label partisi dan sesuaikan dengan abjat, lalu pastikan Drive CD/DVD Room berada pada urutan paling belakang.

Catatan : sebelum merubah label partisi drive pindahkan dulu drive yang akan di ganti.
Contoh : jika CD/DVD Room sebelumnya ada di (D) maka langkah pertama pindahkan CD/DVD Room ke G, H atau I. Setelah posisi (D) kosong ganti drive Lokal Disk (E) naik ke posisi (D), kemudian (F) naik ke posisi (E) dan seterusnya.
Cukup Mudah bukan!

Comments :

19 komentar to “Cara merubah label partisi harddisk”
Instalasi PPOPT Tasikmalaya mengatakan...
on 

bermanfaat

Obat Alami Migrain mengatakan...
on 

Artikel yang bagus gan ,,

Obat alami TBC mengatakan...
on 

Artikel yang bermanfaat setelah dibaca gan ..

Oki Imanulhakim mengatakan...
on 

Sangat membantu sy, udah sy praktekan dan berhasil. terima kasih.

Anonim mengatakan...
on 

Partisi C di komputer saya urutannya paling belakang. jadi yang terlihat di Computer Management adalah kotak-kotak partisi yang urutannya adalah D, E, F, baru C. Tiap kali booting, selalu muncul pesan please check drive C for unconsistency. Apakah itu berpengaruh pada komputer saya? Mohon pencerahan.

Madhek Blog mengatakan...
on 

@indraisme,
Secara teknis tidak berpengaruh, cuma yang jadi pertanyaan itu pertama install gimana ngasih partisi? ... kok bisa acak-acakan gitu?

Anonim mengatakan...
on 

Kak,kalau nanti di instal ulang kembali lg gk? Labelnya

Madhek Blog mengatakan...
on 

Jika komputer diinstall ulang saat selesai format pasti akan menanyakan delete partisi atau tidak, jika pilih tidak maka proses install bisa segera dimulai! dan pastikan pada saat install pilih C untuk system program file-nya.

Anonim mengatakan...
on 

Thaks ye...mantab

Rizky mengatakan...
on 

Maaf gan, ngampung tanya nih. Apakah cara itu juga aman untuk partisi sistem (di laptop saya C)?
Mohon bantuannya gan..

Salam blogger :)

skripsi download mengatakan...
on 

nice info..
saya sudah membaca artikelnya..
tambah ilmu nih...
siap coba .
suksess slalu
thks

Unknown mengatakan...
on 

oke deeh.manteeb infonya gan

[mUseR] mengatakan...
on 

mau tya gan,.kalo misal udh terlanjur salah kasih partisi yg C (data),dan yg D (system),.setelah sy instal ulang sy create partision takutnya data yg di C ilang semua,.kalo cara membalikkan label partision HD jka HD sdh ada Volumenya gmn caranya gan,coalnya sdh sy coba pake cara spt di artikel ternyata tdk berhasil,.thnks

choir Blog mengatakan...
on 

ajib infonya seruputt :D

M.Ghozali mengatakan...
on 

Makasih Kawan,, Info Nya Sangat Bernmanfaat, terus kembangkan.,/// :D

Al-Huda mengatakan...
on 

gue harus bilang WOWW,,atas fostinganya!,thanks mas broo.

Unknown mengatakan...
on 

makasii infonya .. :D

Unknown mengatakan...
on 

ok??? saya berhasil makasih atas ifo dan ilmunnya dalam biologi gak tau saya harus apa yg penti saya berhasil dalam mengerjakannya ;D TERIMA KASIH Y SEMUA KAWAN TERBAIK

Unknown mengatakan...
on 

ok??? saya berhasil makasih atas ifo dan ilmunnya dalam biologi gak tau saya harus apa yg penti saya berhasil dalam mengerjakannya ;D TERIMA KASIH Y SEMUA KAWAN TERBAIK

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com