Diabetes penyakit keturunan yang perlu diwaspadai

Ingat ketika sedang menunggu almarhumah ibu di rumah sakit dr.Suroto Ngawi tepatnya ruang Mawar (ruang penyakit dalam), diantaranya banyak yang menderita sakit diabetes yang rata-rata ketika opname karena kondisi penderita tengah mengalami luka pada kaki yang cukup parah, bahkan ada yang sudah diamputasi dirumah sakit lain lalu lukanya tak kunjung sembuh hingga akhirnya dirawat inap kembali, ada juga penderita yang baru masuk rumah sakit terdapat luka dikaki hingga sudah nengeluarkan ulat, kalau sudah bicara soal rumah sakit rasanya sehat itu mahal harganya.

Oleh karena itu masih berhubungan dengan masalah kesehatan kali ini saya mau mengulas sedikit mengenai penyakit Diabetes Melitus atau yang biasa disebut penyakit kencing manis, konon penyekit tersebut adalah merupakan penyakit keturunan, namun ternyata tidak demikian adanya, dari berbagai tulisan yang saya baca akhirnya dapat saya simpulkan bahwa kencing manis atau diabetes bukan penyakit turunan, siapapun dapat mengidap penyakit ini, hanya saja jika ada yang mempunyai kakek, nenek atau orang tua menderita kencing manis maka anaknya kemungkinan beresiko lebih besar dibanding mereka yang orang tuanya normal.

Nah, bagi yang mempunyai faktor resiko dari orang tua seharusnya lebih waspada untuk menghindari penyakit kencing manis. Diabetes atau Kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah dan didalam air kencing penderita, kata orang jawa "Nek awakmu nguyuh neng ngisor wit banjur banyu uyuhmu dirubung semut berarti awakmu keno penyakit gulo", ... kalau itu benar cukup kencing dibawah pohon gak usah chek up gula dar`h dong? ...
Diabetes atau kencing manis disebabkan karena kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein atau lebih spesifik karena tidak adanya atau rusaknya hormon insulin (kata dokter red).
Karena tinginya kadar gula yang berlangsung cukup lama itulah maka bisa memicu berbagai komplikasi, diantaranya luka yang tak kunjung sembuh, kebutaan, gangguan ginjal dan sebagainya.

Ada sedikit tips bagaimana cara menghindari agar tidak menderita kencing manis,
  1. Menjaga berat badan
  2. Mengatur pola makan
  3. Rajin berolah raga (minimal jalan kaki sejauh 5km)
Dan satu lagi yaitu rajin melakukan check up gula darah minimal satu tahun sekali.
Semoga tulisan ini bisa sedikit membantu dan untuk lebih jelasnya bisa Anda konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Comments :

13 komentar to “Diabetes penyakit keturunan yang perlu diwaspadai”
bensap mengatakan...
on 

segala penyakit memang bahaya

Masjid Salman ITB mengatakan...
on 

dengan banyak dan mudahnya pengetahuan yang kita dapat seperti ini semoga saja masyarakat indonesia menjadi masyarakat yang sehat jiwa raga mas ya :(

Hany mengatakan...
on 

ngeri saya melihat gambarnya,..hehehe bwt admin e iso bahasa jowo to tibak e,...hahaha wong ngawi juga ternyata,...hahaha salam dari ngrambe ya admin,..:D

Ririe Khayan mengatakan...
on 

maaf, gak sanggup lihat gambaranya.

Diabet saat ini lbh banyak disebabkan karena pola makan dan gaya hidup kita..semoga kita bisa menjaga kesehatan dengan baik.

Salam sehat selalu:)

obat herbal kanker kelenjar getah mengatakan...
on 

Diabet saat ini lbh banyak disebabkan karena gaya hidup dan pola makan kita yang kurang sehat... tanks ya gan. buat informasinya,

Komputologi mengatakan...
on 

ngeri juga ya, semoga terhindar dari penyakit diabetes

pengobatan alami untuk gondok mengatakan...
on 

ikhh miamitt yahh :( semoga terhindar dari penyakit turunan itu :(

jasa design template booklet mengatakan...
on 

maksih infonya :)

hezty tatawarna mengatakan...
on 

gambarnya serem , huhu

tips kesehatan mengatakan...
on 

terima kasih atas informasinya gan

septic tank mengatakan...
on 

post yang sangat bermanfaat sekali ini mas ,,,

biotechindonesia mengatakan...
on 

nice post ...

sukses terus ......

stpbiotech mengatakan...
on 

happy blogging ............

Poskan Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Daftar Isi




Trafic

    Health and Information Technology
    blog-indonesia.com TopOfBlogs
    YouSayToo Revenue Sharing Community
    W3 Directory - the World Wide Web Directory
    eXTReMe Tracker
    Review madhek.blogspot.com on alexa.com
    DMCA.com

Pengikut

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com