Cara memulihkan Folder Options hilang

Jika dalam posting sebelumnya saya membahas mengenai bagaimana cara mengembalikan folder / file yang kena virus, maka kali ini saya akan bahas bagaimana cara memulihkan atau menampilkan Folder Options yang di hilangkan oleh virus komputer, pernahkah anda mengalami ketika akan mengatur dan ingin menampilkan files hidden ternyata anda menjumpai Folder Options pada Control Panel Hilang alias Raib juga?, jika jawabannya iya! berarti komputer anda telah terinfeksi virus, Virus tersebut telah men-disable Folder Options pada komputer anda, salah satu opsi yang diaktifkan yaitu "Hide extensions for known files type". (seperti gambar berikut ini).


Kenapa virus mengaktifkan opsi ini? .. banyak sekali penjelasan dan mungkin akan sangat panjang jika saya uraikan dalam bentuk artikel, satu yang perlu dipahami bahwa kerja virus tersebut merubah ekstensi file tidak terlihat, sehingga jika anda mengklik duplikat file yang dibuat oleh virus dan menyerupai judul file anda yang asli, padahal file tersebut bersifat excutable (.exe) maka secara otomatis anda telah membuka / mengaktifkan virus tadi.
Dan yang paling penting bagi anda jika mengalami hal ini adalah bagaimana sesegera mungkin bisa memulihkan kondisi tersebut bukan?.. ..

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika sesekali anda mengunjungi control panel dan memastikan bahwa Folder Options tidak Raib dari windows explorer.
Lalu bagaimana memulihkan atau menampilkan kembali Folder Options yang hilang? .. ikuti langkah-langkah berikut:

1. Scan terlebih dahulu komputer anda dari anti virus update terbaru boleh AVG, Avira dll dan pastikan tidak ada lagi virus yang masih nongkrong di komputer anda.
2. Tekan Windows + R untuk membuka Run Aplication, laku ketik gpedit.msc kemudian Enter atau OK maka akan muncul Group Policy, perhatikan gambar di bawah ini.


3. Selanjutnya Klik User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Explorer, untuk membuka jendela berikut ini.


4. Perhatikan explorer sebelah kanan, lalu klik dua kali "Remove the Folder Options menu item from the tools menu", untuk membuka jendela properties.


5. Bisa anda lihat virus merubah Options menjadi "Disabled", jika benar pilih opsi "Not Configurated" kemudian klik "Apply" lalu "OK" dan tutup Group Policy.
6. Setelah itu kembali ke Run Aplication tekan windows + R dan ketikkan regedit lalu Enter atau OK.
Setelah muncul jendela registry editor klik HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft \Windows CurrentVersion\Policies\Explorer, lihat panel sebelah kanan "NoFolderOptions" set value menjadi 0, jika "NoFolderOptions" tidak ada anda bisa buat sendiri klik kanan pilih New > DWORD Value dan rename menjadi "NoFolderOptions" pastikan nilai value 0, perhatikan gambar berikut ini.


7. Sekarang silahkan buka Control Panel dan lihat apakah Folder Options sudah kembali muncul?, .. .. atau anda juga bisa membuka windows explorer > pilih menu Tools, dan cling .. .. folder options sudah muncul di situ, dan tentunya bisa disetting kembali.

Ok guest semoga artikel diatas bermanfaat bagi yang membutuhkan! .. .. ..

Artikel terkait :
Cara mengaktifkan Registry Editor
Cara membersihkan virus blue fantasy
Cara mengembalikan file terkena virus

Comments :

6 komentar to “Cara memulihkan Folder Options hilang”
baca selengkapnya mengatakan...
on 

terimakasih, ini ilmu yang sangat bermanfaat, saya bahkan baru tahu, jadi terimakasih ya!

Read More mengatakan...
on 

terima kasih ilmunya gan...
sangat bermanfaat sekali...

Cream Pengencang Payudara mengatakan...
on 

Izin share ke teman-teman ya bos, situsnya ok punya.

bisnis gemilang mengatakan...
on 

makasih ya infonya...bermanfaat sekali buat aq.

Unknown mengatakan...
on 

tapi bisa dibalikin kan ?? :O

septic tank biotech mengatakan...
on 

thx tips y gan ..

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com