Belajar membuat blog menggunakan pemrograman CMS

Dari pertama kenal blog yang awalnya dulu dikasih tahu sama adik saya, tentang apa itu blog, bagaimana cara membuat Blog termasuk menyiapkan konsepnya, materi apa yang akan saya tuangkan dalam blog jika sudah memiliki blog nantinya, karena pada waktu itu terus terang adik saya langsung memberikan gambaran mengenai blog yang bisa menghasilkan uang, atau dalam istilah bloging disebut monetize blog, jadi bukan sekedar blog untuk corat-coret, dan seketika itu juga saya memutuskan untuk belajar membuat blog dalam istilah bahasa pemrograman menggunakan HTML, PHP, MySQL, CMS (content management system) atau apalah namanya karena saya sendiri masih awam dengan dunia blogging kala itu.

Lalu berawal dari sepenggal cerita mengenai kisah sukses segelintir orang yang mampu mengais dan mengumpulkan recehan dari internet itulah akhirnya saya berusaha untuk menggali berbagai informasi tentang dunia bloging, dari situ akhirnya saya mengetahui bahwa benar jika kita mempunyai kemampuan membuat blog, menguasai bahasa pemrograman yang saya sebutkan diatas, maka kita bisa mempunyai monetize blog yang bisa kita gunkanan sebagai sarana untuk menjual barang (toko online), atau menjualkan barang milik situs lain seperti Amazon, Clikbank, eBay dan sebagainya yang disebut affiliate programs, yang nantinya kita akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan barang tersebut, itu yang disebut monetize blog, atau blog yang bisa menghasilkan uang dari internet.

Namun kenyataannya tidak seperti yang dibayangkan, ... kenapa? ...
Pertama basic atau latar belakang saya bukan orang IT yang menguasai bahasa pemrograman HTML, PHP, MySQL maupun CMS (content management system), waktu mengenal blog pada tahun 2008 saya bukanlah siapa-siapa, hanya seorang staff OP. Billing System pada perusahaan yang bergerak dibidang jasa pembuatan dan maintenance mesin-mesin industri.
Kedua untuk mendalami dan bisa menguasai tentang bahasa pemrograman html agar bisa mewujudkan sebuah web blog ternyata tidak gratis, ada beberapa pilihan jika kita ingin mempelajarinya yaitu dengan kursus, membeli ebook / cd tutorial, ikut workshop, dan semua itu tidak murah, ... memang selebihnya kita bisa mempelajari cara-cara itu secara gratis dengan rajin browsing mencari tutorialnya di internet, namun tentu saja juga membutuhkan biaya untuk akses internet! ... betul tidak?.

Nah, karena berbagai keterbatasan yang ada sambil belajar saya membuat blog yang gratisan dari Blogspot ini, kenapa saya memilih blogspot dari Google?, ... karena untuk membuat blog dari blogspot cukup simple, mudah mengatur layout (template), tidak harus menguasai bahasa pemrograman html, dan yang paling penting cocok untuk blogger pemula, ... dan jadilah blog saya seperti ini.
Namun setelah 3 tahun sudah nge-blog dengan blogspot, rasa penasaran untuk membuat blog berbasis CMS (Conten Management System) tidak pernah surut, untungnya selama saya browsing mencari tutorial tetap ada Mbah Google dan para Blogger yang setia dan tanpa pamrih membuat artikel seputar pengetahuan cara membuat website, salut buat para master blogger. Dan alhasil jadilah blog pertama saya yang menggunakan pemrograman cms, blog ini hanyalah blog eksperimen atau coba-coba, dengan menggunakan paket domain dan hosting gratisan, yah namanya juga masih belajar secara otodidak, benar-benar sendiri hanya ditemani Mbah Google lho, blog eksperimen saya tersebut menggunakan domain plus hosting dari Idhostinger serta menggunakan platform CMS dari Wordpress 3.3.1
Yang mau ngintip kreasi blog eksperimen saya silahkan klin disini, jangan kemana-mana yah.

Comments :

6 komentar to “Belajar membuat blog menggunakan pemrograman CMS”
Ririe Khayan mengatakan...
on 

singgah dan menyimak, kalau untuk aplikasinya hemmm...pengeennn bisa juga

obat alami asam urat mengatakan...
on 

waaahhh otodidak bener gan...

belajarblogspot mengatakan...
on 

ijin nambah ilmu nih gan..trims makin tw nih tentang pemograman cms..salam

programmingmobilewebdesktop mengatakan...
on 

bagus gan postingnya. gw lagi belajar bikin blog nich

Anonim mengatakan...
on 

gan bisa kah blog kita jadi PHP ???

Unknown mengatakan...
on 

tapi banyak yg milih pake wp dari pada blogger ... :3

Posting Komentar

~ BLOG DOFOLLOW ~
Ingin berbagi bersama Madhek Blog? Silahkan tulis komentar Anda,
Ingat! ... komentar berbau SPAM atau tidak berhubungan dengan isi artikel langsung dihapus!, dan dilarang mencantumkan link aktif.
Terima kasih.

 

Copyright © 2008-2012 Dwiyanto Santri Gaul All Rights Reserved | Template by : Dwi Blogger | Powered By Blogger
Kritik dan saran silahkan kirim via email ke : madhek.dwiyanto@gmail.com